Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan Pasien Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rumah Sakit Berjalin Jeumpa Di Pontianak

Authors

  • Astrit Yolanda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

             Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan Pasien dan Nilai Pelanggan Teradap Keputusan Menggunakan Jasa Ruma Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), kuesioner (angket), dan studi dokumenter. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan program SPSS versi 23. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uju F dan uji T. Hasil pengujian menunjukan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja layanan, kepercayaan pasin dan nilai pelanggan brpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak.  Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah untuk mempertahankan kinerja layanan dan kepercayaan pasien sehingga dapat meningkatkan nilai pelanggan terhadap keputusan menggunakan jasa rumah sakit. Ada pun saran yang dapat saya berikan kepada  untuk  rumah sakit diharapkan untuk dapat meningkatkan kinerja layanan, seperti sikap karyawan dalam memberikan layanan yang baik kepada pasien. Sehingga kinerja layanan rumah sakit akan terus terkesan baik sesuai dengan yang diharapkan. Rumah Bersalin Jeumpa Pntianak sudah mendapatkan kepercayaan dari pasien diharapkan pihak rumah sakit menjaga kepercayaan tersebut dengan menjaga reputasi rumah sakit dengan lebih meningkatkan lagi kepercayaan pasien, seperti mampu menangani dengan lebih baik lagi dengan melayani pasien serta memahami keinginan pasien.

Downloads

Published

2023-10-31

Issue

Section

Articles