Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Kinerja Layanan, Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lampu Philips Pada PT Sumber Fajar Inti Abadi Di Pontianak

Authors

  • Budi Setiawan He Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel citra perusahaan, kinerja layanan, dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian produk lampu Philips pada Perseroan Terbatas (PT) Sumber Fajar Inti Abadi Pontianak. Populasi pada penelitian ini merupakan semua konsumen yang pernah membeli produk lampu Philips di PT Sumber Fajar Inti Abadi Pontianak. Sampel dalam peneltian ini sebanyak 100 responden dengan kriteria yang pernah membeli produk lampu Philips di PT Sumber Fajar Inti Abadi Pontianak. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukkan satu dari variabel bebas tidak berpengaruh positif terhadap variabel terikat dan dua dari variabel bebas berpengaruh positif terhadap variabel terikat. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja layanan tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan variabel citra perusahaan dan harga kompetitif berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan citra perusahaan, kinerja layanan dan harga kompetitif supaya konsumen merasa puas dan percaya dengan produk lampu Philips dengan kualitas yang tahan lama.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles