Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak

Authors

  • Teresia Sri Purwanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya kualitas pelayanan pada era globalisasi sekarang ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di bidang kuliner. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dan kousioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli di Restoran American Fried Chicken di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai kualitas pelayanan dan cita rasa terhadap keputusan pembelian ulang pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang dan demikian juga untuk variabel cita rasa Restoran American Fried Chicken di Pontianak. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada pihak Restoran American Fried Chicken di Pontianak adalah terus menjaga kebersihan dan kerapian restoran, menjaga cita rasa makanan dan memperbaiki atau mengubah tampilan makanan agar menarik, rapi dan bersih. Hal tersebut dilakukan agar dapat mempertahankan pelanggan dan meningkatkan minat pembelian ulang.

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles