Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ban Mobil Merek Swallow pada PT Aneka Prima Internusa di Pontianak

Authors

  • Angelin Margareta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ban mobil merek Swallow pada PT Aneka Prima Internusa di Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan ban mobil merek Swallow. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Sampel yang digunakan adalah sebanyak serratus pelanggan, dengan metode accidental sampling, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan melihat jawaban dari responden melalui kuesioner yang disebarkan kemudian dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan dan jawaban dijumlahkan, dipersentasekan, dianalisis dan diolah menggunakan program SPSS 22, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand awareness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles