Analisis Pengaruh Citra Credit Union dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Untuk Menjadi Anggota di CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak

Authors

  • Novelio Harianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat fluktuasi pada CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh citra credit union dan kualitas pelayanan terhadap keputusan untuk menjadi anggota. Populasi yang diambil dalam penelitian adalah responden yang pernah mengunjungi CU dan sampel yang diambil sebanyak 125 responden dengan teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji f dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan semua variabel valid dan reliabel serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan positif terhadap variabel terikat. Dapat disimpulkan bahwa variabel citra credit union dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan untuk menjadi anggota. Adapun saran yang dapat diberikan kepada CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak dari penulis adalah organisasi lebih memperhatikan lagi tentang citra organisasi serta meningkatkan kinerja pelayanan agar dapat menarik minat masyarakat untuk tertarik menjadi anggota.

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles