Analisis Pengaruh Keragaman Produk dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Minimarket Madani Mart di Pontianak

Authors

  • Helena Mariani Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Madani Mart merupakan sebuah minimarket yang terletak dikota Pontianak jalan wonobaru. Minimarket Madani Mart bergerak dalam bidang bisnis ritel bagian market. Dimana perusahaan Madani Mart menjual berbagai macam produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis ritel merupakan pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Dalam menghadapi persaingan bisnis ritel di Pontianak yang ketat pengelola terus melakukan peningkatan kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan kinerja pelayanan terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kasual komperatif. Teknik pengampilan sampel dalam penelitian ini menggunakan insidental sampling yaitu dengan jumlah sampel dari populasi adalah 100 orang responden. Data diolah menggunakan program statistical pacekage for sosial science (SPSS) versi 20. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan Skala Reting, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, serta uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis H1 diterima dan H2 diterima, dapat disimpulkan bahwa variabel keragaman produk dan variabel kinerja pelayanan memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen. Penulis menyarankan agar Minimarket Madani Mart di Pontianak lebih memperhatikan penyusunan produk yang sesuai dengan kategori sehingga memudahkan pelanggan dalam berbelanja serta meningkatkan karyawan yang mampu memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan sehingg pada saat pelanggan perlu bantuan dalam memilih produk yang sesuai dengan keingiannya.

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles