Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Minat Menggunakan Jasa pada Service Center Astra Motor Pattimura di Pontianak

Authors

  • Fuk Khong Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa signifikan pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap minat menggunakan jasa. Metode penelitian yakni kausal di mana populasinya adalah semua pengguna jasa pada Service Center Astra Motor Pattimura di Pontianak. Teknik pengumpulan data adalah purposive sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil uji F sebesar 123,611 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel minat menggunakan jasa.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Articles