Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Mesin Bor Merek Tosita pada PT Sahabat Jaya di Pontianak

Penulis

  • Arvyn Wiranata Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk, promosi dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian merupakan semua toko ritel yang yang pernah melakukan pembelian mesin bor merek Tosita pada PT Sahabat Jaya di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 120 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan semua variabel valid dan reliabel serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan positif terhadap variabel terikat. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, promosi dan harga kompetitif berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah perusahaan rutin melakukan pengecekan barang agar barang yang dijual masih dalam kondisi yang baik sehingga membuat konsumen merasa percaya dan aman ketika membeli produk perusahaan.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles