Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga Kompeitif dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Bahan Kue Merek Koepoe Koepoe pada PT Sahabat Harapan Bersama di Pontianak

Authors

  • Angriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel daya tarik promosi, harga kompetitif dan brand image terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini merupakan toko yang pernah melakukan pembelian bahan kue merek Koepoe Koepoe pada PT Sahabat Harapan Bersama di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 responden yaitu toko-toko yang berada di kota Pontianak berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel daya tarik promosi, harga kompetitif dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah untuk menambah tema promosi yang lebih menarik serta mempertahankan harga yang kompetitif dan brand image yang telah tertanam sehingga membuat pelanggan puas dan terus melakukan keputusan pembelian.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles