Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Asuransi pada PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak

Penulis

  • Mellyan Mellyan Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan asuransi PT. Asuransi Central Asia Cabang Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah pemegang polis PT. Asuransi Central Asia Cabang Pontianak pada tahun 2017 yang diketahui jumlahnya sebanyak 22.491 nasbah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling di ambil menggunakan perhitungan rumus slovin. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,246. Hasil dari uji F adalah sebesar 13,117 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan hasil uji t menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa daya tarik produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk asuransi pada PT. Asuransi Central Asia Cabang Pontianak.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles