Analisis Pengaruh Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis Merek Bango pada PD Andhika Primajaya di Pontianak

Penulis

  • Monica Monica Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PD Andhika Primajaya di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis secara keseluruhan menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles