Analisis Pengaruh Orientasi Pesaing, Kinerja Layanan dan Daya Tarik Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada Umkm Cafe dan Resto di Pontianak

Authors

  • Januarti Pardila Pungki Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pesaing, Kinerja Layanan dan Daya Tarik Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak. Bentuk penelitiaan ini menggunakan metode kausualitas dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dan adapun alat analisis kualitatif yang digunakan penulis mengukur data tersebut menggunakan skala rating. Sampel yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah sebanyak 92 responden dari UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan pengumpulan sampel pada penelitian ini adalah sensus. Program Statistical program for social science (spss) versi 23 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Orientasi Pesaing, Kinerja Layanan dan Daya Tarik Produk berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun silmutan terhadap Kinerja Pemasaran.

References

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Dewi, Nuzli. "Peran Emotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran". Jurnal Bidang Ekonomi Vol. 12. No.2. 140-152, 2017.

Fitriani. "Analisis Modal Relasional Kapabilitas Inovasi Produk dan Daya Tarik Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kreatif di Wilayah Tiga Cirebon". Jurnal Ilmiah Indonesia Vol.4 No.10 Oktober 2019.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Vennya. "Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT Bank Mestika Dharma TBK KCP Cirebon Medan". Jurnal Akasara Public Vol.3. No.3 Edisi Agustus 2019 (213-225)

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles