Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Brand Trust, dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel My Home di Pontianak

Authors

  • Yulio Junaidi Kevin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, brand trust, dan nilai pelanggan terhadap keputusan menginap pada Hotel My Home di Pontianak. Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling insidental, jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa software Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 22. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menyatakan bahwa instrument yang diuji valid dan reliabel. Hasil pengujian F menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan yang signifikan. Hasil analisis dari uji T menunjukkan bahwa daya tarik promosi, brand trust, dan nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap. Dapat ditarik kesimpulan pula bahwa daya tarik promosi, brand trust, dan nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel My Home Pontianak.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Jusuf., Laela., dan Firda Novita Sari. “Pengaruh Periklanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Grand Dafam Bela Ternate (Studi Pada Tamu Yang Menginap di Hotel)”. ISSN: 2354-855XVol. 5, No. 2, April 2018.

Sandala, Dicky., James Massie., dan Willem Tumbuan. “Pengaruh Viral Marketing, Food Quality, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado”. ISSN: 2303-1174. Vol. 7, No. 3, Juli 2019, Hal 2721-2730.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Setyowirasti, Astrini., dan Mudiantono. "Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Iklan, Brand Equity (Studi pada Sabun LUX di Area Semarang)”. Vol. 5, No 2, Tahun 2016, Hal 1-14.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles