Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Hotel My Home Pontianak

Authors

  • Yohanes Nobertus Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel My Home Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh lima (35) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan Hotel My Home Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel My Home Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Hotel My Home Pontianak adalah meningkatkan kinerja karyawan dengan cara mempertahankan dan mengembangkan komitmen organisasi yang ada pada karyawan dengan memberikan dorongan dan pengarahan agar karyawan semakin bersemangat dalam menjalankan tugas yang diberikan perusahaan akan saya jalankan dengan penuh ketekunan dan tanggung jawab, lebih memperhatikan komunikasi mengenai pekerjaan dengan jelas dan rinci, serta meningkatkan dan mempertahankan budaya organisasi dengan penuh tanggung jawab.

References

Adiftiya, Jajang. “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Site Kideco Jaya Agung Batu Kajang Kabupatern Paser”. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 2 No. 4, 2014.

Brahmana, R.K., Loh, H.S. dan Kontesa, M. (2020). Market Competition, Managerial Incentives and Agency Cost. Global Business Review, 21(4), 937-955.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2022). The Influence of Asset Structure and Capital Structure on Firm Value with Asset Productivity and Operating Activities as Mediating Variables. International Journal Papier Public Review, 3(1), 40-53.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles