Analisis Pengaruh Pelatihan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel My Home di Pontianak

Authors

  • Trinando Riadi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada hotel My Home di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Hotel My Home di Pontianak.Teknik pengambilan data sampel menggunakan sampling jenuh dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua anggota populasi yang melakukan pelatihan sebanyak 50 responden pada Hotel My Home. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSSversi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Pelatihan dan Komitmen Organisasi yang di uji menggunakan uji linearitas, uji linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel Kinerja Karyawan.

References

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Hartono. (2021). Developing Country Stock Market Immunity during Covid-19 Pandemic. Technium Social Sciences Journal, 18(1), 222-229.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Husnah, Lutfiatul., Trias Setyowati dan Wahyu Eko S. 2018. “Pengaruh Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja Dankomitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Royal Hotel Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol, 4, No. 1 (Juni)

Marsoit, Pingkan., Greis Sendow dan Farlane Rumokoy. 2017. “Pengaruh Pelatihan, Disiplin Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia.” Jurnal EMBA, Vol 5, No 3.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Rapar, Gerald danChristoffel Mintardjo. 2016. “Pengaruh Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja Dan Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal EMBA, Vol.4 No.3 (September).

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles