Pengaruh Kinerja Layanan, Daya Tarik Promosi dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Swalayan Garuda Mitra di Kota Pontianak

Authors

  • Lorensia Lorensia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kinerja layanan, daya tarik promosi, dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian. Yang menjadi objek pada penelitian kali ini adalah toko Swalayan Garuda Mitra yang berlokasi di Jalan H. Rais A. Rachman, Sungai Jawi Dalam, Kec. Pontianak Barat., Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling. Data yang di dapatkan oleh peneliti lalu diproes menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) pada komputer. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja layanan, daya tarik promosi, dan nilai pelanggan yang diterapkan oleh toko Swalayan Garuda Mitra sudah baik karena sebagian responden telah menyatakan setuju. Secara bersamaan dapat dikatakan bahwa variabel kinerja layanan, daya tarik promosi, dan nilai pelanggan mempengaruhi keputusan pembelian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kinerja layanan maka semakin tinggi keputusan pembelian, semakin tinggi daya tarik promosi maka semakin tinggi keputusan pembelian, dan semakin tinggi nilai pelanggan maka semakin tinggi keputusan pembelian. Oleh karena itu, kinerja layanan, daya tarik promosi dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di toko Swalayan Garuda Mitra di Kota Pontianak.

References

Abu Bakar, Noor Rita Mohamad Khan, Zubaidah Zahirudin, Jamaliah Mohd Yusof, Rozita Naina Mohamed, dan Fauziah Jamaludin. “E-Commerce: Customer Purchase intention and its Service Performance (SERVPERF) on online Business in Malaysia”. JIBM (Journal of International Business and management), vol. 1, no. 3, 2018, hal 1-14.

Ariatmaja, I Gusti Agung Desy Dhevantari dan Ni Made Rastini. “Peran Brand Image Memediasi Daya Tarik Promosi dan Kewajaran Harga Terhadap keputusan Penggunaan Jasa Transportasi”(Doctoral dissertation, Udayana University), vol. 6, no. 9, 2017, hal 4689-4715.

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Kontesa, M., Wong, J.C.Y., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2022). Happiness and Economic Choice. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 6(1), 78-96.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Sundalangi, Silvya L.Mandey, dan Rotinsulu Jopie Jorie. “Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pizza Hut Manado”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, Maret 2014, hal. 313-324.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles