Analisis Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Anzon Autoplaza di Pontianak

Authors

  • Arianti Arianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Anzon Autoplaza di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif.  Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan hanya karyawan yang melakukan penjualan berjumlah 70 orang. Data yang didapatkan oleh peneliti kemudian diolah dengan computer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak dilihat dari Fhitung 7,593 lebih besar dari Ftabel 3,13. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada PT Anzon Autoplaza di Pontianak.

References

Abdi, Willy Jermias, dan Rasmansyah. 2019. “Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Christalenta Pratama.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 7.3.

Arianty, Nel. 2015. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 14.2.

Astutik, Mardi. 2017. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang.” JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan) 2.2 141-159.

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Kontesa, M., Chai, L.S., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2020). Do Female Directors Manipulate Earnings. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 15(2), 141-151.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles