Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada Koperasi Simpan Pinjam CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak

Authors

  • Oktavia Lenti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan mengidentifikasi komitmen organisasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Simpan Pinjam CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Alat analisis yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Metode asosiatif digunakan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Simpan Pinjam CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Teknik data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi α = 0,05. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan komitmen organisasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Simpan Pinjam CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Secara parsial diketahui komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Simpan Pinjam CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Nilai Adjusted R Square adalah 0,523 berarti 50,23 persen variabel kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas dalam penelitian ini.

References

Adi Nugroho Restu, Sri Hartono dan Sudarwati. 2016. “Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Berprestasi dan Gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PT Wangsa Jatra Lestari “, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September, hal. 194-203.

Ferrania Paramitadewi Kadek. 2017. “Pengaruh Beban Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan”. E-Jurnal Manajemen Unud, vol. 6, no. 6, hal 3370-3397.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2022). The Influence of Asset Structure and Capital Structure on Firm Value with Asset Productivity and Operating Activities as Mediating Variables. International Journal Papier Public Review, 3(1), 40-53.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles