Analisis Pengaruh Semangat Kerja dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan pada CV Sabar Sejati

Authors

  • Selvia Andriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh semangat kerja dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada CV Sabar Sejati. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah kuesioner, dan studi dokumenter. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah asosiatif.  Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling total dengan sampel sebanyak tiga puluh responden yang telah menjadi karyawan tetap. Data yang didapatkan oleh peneliti kemudian diolah dengan computer menggunakan program SPSS versi 22. Hasil dari uji F pada pelitian ini menunjukkan bahwa semangat kerja dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada CV Sabar Sejati dilihat dari Fhitung lebih besar dari Ftabel. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa semangat kerja dan kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV Sabar Sejati.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Handayani, Rina Dwi. Pengaruh Lingkungan Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pns Balitsa Lembang. Pariwisata, Vol. II No.1 April 2016, hal. 50.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles