Analisis Pengaruh Kompetensi, Pelatihan dan Displin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CU Semandang Jaya di Balai Semandang Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang

Authors

  • Pilemon Ependi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada CU Semandang Jaya. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini sebanyak 100 orang karyawan CU Semandang Jaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pada CU Semandang Jaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pembahasan dengan mengunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software spss 22. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel Kompetensi, Pelatihan dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu penulis memberikan saran kepada perusahaan agar tidak terlalu otoriter dalm melakukan pengawasan kerja sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut semakin taat pada peraturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Kontesa, M., Wong, J.C.Y., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2022). Happiness and Economic Choice. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 6(1), 78-96.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles