Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Hok Tong Di Pontianak

Authors

  • Nikodimus Falerix Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah pengujian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dari budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Hok Tong di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak seratus empat puluh dua (142) yang merupakan seluruh karyawan bagian produksi pada PT Hok Tong di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan tambahan menggunakan teknik slovin untuk seluruh karyawan bagian produksi pada PT Hok Tong di Pontianak. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Hok Tong di Pontianak. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik budaya organisasi dan kondisi lingkungan lingkungan kerja, maka semakin baik pula kinerja karyawan.

References

Budianto, A. Aji Tri, dan Amelia Katini, 2015. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Sbu Distribusi Wilayah I Jakarta”. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol.3, pp. 100-124.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Jufrizen dan Khairani Nurul Rahmadhani, 2020. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara, Vol.3, no.1, pp. 66-79.

Kontesa, M., Chai, L.S., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2020). Do Female Directors Manipulate Earnings. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 15(2), 141-151.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Sulistiawan, Deni, Sukisno S. Riadi, dan Siti Maria, 2017. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Sebulu 2 Samarinda”. Jurnal Kinerja, Vol.14, no.2, pp. 61-69.

Susetyo, Eko Widyanto, Amiartuti Kusmaningtyas dan Hendro Tjahjono, 2014. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya”. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Vol.1, no.1 , pp. 83-93.

Tewal, Ferdinan S., Silvya L. Mandey, A. Joy dan M. Rattu, 2017. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis Minahasa Utara”. Jurnal EMBA, Vol.5, no.3, pp. 3744-3753.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles