Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Rasio Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Desi Lau Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh struktur modal, likuiditas, dan rasio aktivitas terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemediasi. Data panel diperoleh dari 50 perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015 hingga 2019 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengujian data dilakukan dengan analisis regresi dan sobel test. Hasil pengujian menunjukkan struktur modal tidak berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan likuiditas dan rasio aktivitas berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Struktur modal, likuiditas, dan rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, namun dapat memediasi pengaruh likuiditas dan rasio aktivitas terhadap nilai perusahaan. Saran kepada penelitian selanjutnya untuk dapat menggunakan metode pengukuran lainnya seperti, struktur modal menggunakan debt to asset, likuiditas menggunakan quick ratio, rasio aktivitas menggunakan working capital turnover, dan nilai perusahaan dapat menggunakan pengukuran tobin’s Q, serta dapat mengganti objek penelitian  yang dapat menggambarkan nilai perusahaan.

References

Ayu, Dea Putri., dan Gede Suarjaya. 2017. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responbility Sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Pertambangan.” E-Jurnal Manajemen Umum,Vol. 6, no. 2, pp. 1112-1138.

Barus, Andreani Caroline. 2013. “Analis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Inonesia.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 3, No. 2.

Hamidy, Rahman Rudi., I Gusti Bagus Wiksuana., dan Luh Gede Sri Artini. 2015. “Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia.” E-Jurnal Ekonmi dan Bisnis, vol.4, no.10.

Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.

Hasanah, Afriyanti, dan Didit E. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return On Assets Pada Perusahaan Manjufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Journal of Applied Managerial Accounting, vol. 2, no. 1, page. 15-25.

Jumhana, R. Cheppy Safel. 2017. “Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada Koperasi Karyawan PT Surya Toto Indonesia.” Jurnal Sekuritas, vol 1, no. 2.

Kahfli, Muhammad Faisal., Dudi Pratomo, dan Wiwin Aminah. 2017. “Effect Of Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Assets Turnover And Return On Equity To The Value Of The Company (Study on Food and Beverage Sector Manufacturing Companies Listed on Indonesia Stock Exchange (BEI) Year 2011-2016.” E-Proceeding of Management, vol. 5, no. 1, pp. 556.

Kontesa, M., Nichol, E.O., Bong, J.S. dan Brahmana, R.K. (2020). Board Capital and Bank Efficiency: Insight from Vietnam. Business: Theory and Practice, 21(2), 483-493.

Misran, Medy, dan Mochamad Chabachib. 2017. “Analisis Pengaruh DER CR dan TATO Terhadap PBV Dengan ROA Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar Pada BEI Tahun 2011- 2014.” Diponegoro Journal of Management, Vol. 6, no. 1, hal.1-13.

Nurianti, Melia D., dan Sasi Agustin. 2019. “Pengaruh Levarage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.8, no.2.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Satrio, A.B. (2021). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Utami, Rahmawati Budi, dan Prasetiono. 2016. “Analisis Pengaruh TATO, WCTO, dan DER Terhadap Nilai Perusahaan Dengan ROA Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, Vol. 5, no. 2, hal.1-14.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2020). Corporate’s Action and Market’s Reaction in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 13699-13707.

Wulandari, Dwi Retno. 2013. “Pengaruh Profitablitas, Operating Leverage, Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Intervening.” Accounting Analisis Journal, vol.3, no. 1.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles