Analisis Pengaruh Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio dan Financial Distress terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Selvilenta Selvilenta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara net profit margin, debt to equity ratio dan financial distress terhadap harga saham pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang dimiliki dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Adapun kriteria yang digunakan adalah perusahaan telah go-public sebelum tahun 2015 dan perusahaan tidak mengalami suspensi sehingga diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, serta uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan net profit margin berpengaruh negatif terhadap harga saham sedangkan debt to equity ratio dan financial distress berpengaruh positif terhadap harga saham.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Irama, Ova Novi. Januari 2018. “Pengaruh Potensi Kebangkrutan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal BisnisNet, vol.1,no.1.

Kontesa, M., Lako, A. dan Wendy. (2020). Board Capital and Earnings Quality with Different Controlling Shareholders. Accounting Research Journal, 33(4/5), 593-613.

Ramadhani, Fendi Hudaya. 2017. “Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham Perusahaan SektorPertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015.” 2 JurnalProfita Edisi 8.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles