PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PD dataBASE COMPUTER DI PONTIANAK

Authors

  • Rudy Kurniawan Kurniawan

Abstract

Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena sangat penting bagi seorang pemasar untuk memahami faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan untuk membelanjakan uangnya, khususnya mengenai bagaimana store atmosphere (suasana toko) dapat mempengaruhi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan untuk membeli sebuah produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan store atmosphere di Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Pengumpulan sampel sebanyak seratus orang responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengambilan sampel analisis kualitatif dengan menggunakan Skala Likert dan diolah menggunakan software SPSS 18 for windows. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel store atmosphere yang diuji menggunakan regresi linear berganda, uji simultan, uji determinasi, dan uji parsial terhadap variabel keputusan pembelian. Mempunyai hasil bahwa store atmosphere memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Kesimpulan yang didapat adalah store atmosphere mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian pada PD dataBASE Computer di Pontianak. Perusahaan diharapkan lebih banyak melakukan berinovasi penataan pada interior seperti menggunakan warna cat yang cerah pada ruangan toko agar lebih menarik, mengubah layout toko secara berkala agar dapat menciptakan suasana baru yang dinamis dan lebih nyaman bagi konsumen.

Downloads

Published

2017-07-13

Issue

Section

Articles