Pengaruh Orientasi Pelanggan, Produk Inovatif, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerajinan Tangan di Kota Pontianak

Authors

  • Denita Novia Handayani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan, produk inovatif, dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kerajinan tangan di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian klausalitas dan metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pelanggan, produk inovatif, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi pelanggan, produk inovatif, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Aqmala, Diana. 2019. “Peran Orientasi Penjualan dan Otientasi Pelanggan Serta Pengindraan Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Volume 4, Nomor 2, Desember:151-164.

Azizah, Umi dan Ida Maftukhah. 2017. “Pengaruh Kemitraan dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing”. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, ISSN 2225-6552 (Juni).

Habibah, Ummu, dan Sumiati. 2016. “Pengaruh Kualitas produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura”. Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 32-48 Volume 1, Nomor 1, Maret.

Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kasmiruddin. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk dan Pengembangan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kerajinan Kecil Rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir”. Program Studi Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, kampus Bina Widya, Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 7 No. 1, Oktober.

Lapian, Adelina, Agnes, James Massie, dan Imelda Ogi. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR risma Dana Amurang”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Sam Ratulangi, Jurnal EMBA, Vol. 4 No. 1 Maret, Hal. 1330-1339.

Prambaudy, Khaiz, dan Miguna Astuti. 2019. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Kuliner”. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 4, Nomor 1, Juni: 1-15.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Utaminingsih, Adijati. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Ukm Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara”. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, Vol. 31 No. 2 Juli.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2020). Corporate’s Action and Market’s Reaction in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 13699-13707.

Wulandari Agesti. 2012. “Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran” Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia, ISSN 2252-6552 (November).

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles