Analisis Pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak

Authors

  • Yosefa Ardiana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang yang diambil dari data karyawan pada tahun 2019. Teknik analisis dengan menggunakan skala likert dan untuk memproses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Uji t dapat disimpulkan bahwa variabel Stres Kerja tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan sedangkan variabel komitmen organisasional berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Adapun saran-saran dari penulis kepada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak adalah dengan terus menjalin dan membangun hubungan yang baik dengan karyawan serta bisa mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja yang baik.

References

Dewi, Bagia, dan Susila. “Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Tenaga Penjualan UD Surya Raditya Negara.” Jurnal Manajemen. Vol. 4, No. 2 (2018): 157-160.

Friastuti, Triana. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan OCB Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 4, No. 2 (2013): 108-111.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Kontesa, M., Brahmana, R.K. dan Memarista, G. (2020). Does Market Competition Motivate Corporate Social Responsibility? Insight from Malaysia Jurnal Ekonomi Malaysia, 54(1), 167-179.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Wibisono, Taufik. “Pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol. 4, No. 2 (2018): 76-80.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles