Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Borneo Pontianak

Authors

  • Kia Kia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Borneo Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah asosiatif dan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner dan studi dokumenter. Hasil pengisian kuesioner kemudian diolah menggunakan program SPSS 22 dan diukur dengan analisis skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang responden dengan menggunakan metode sampling jenuh atau sensus. Analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi kalsik terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, analisis signifikansi koefisien regresi (uji t, uji f dan R square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan stres kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Borneo Pontianak. Selanjutnya secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan pada Hotel Borneo Pontianak dan stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan pada Hotel Borneo Pontianak.  

References

Amilia, Silmy, dan Ridwan Purnama. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Indonesia Comnets Plus di Bandung.” Jurnal Business Management and Enterpreneurship Education, Vol. 1, no. 1, pp. 24-30.

Astono, Ari Dwi, Hesti Ristanto, dan Dwi Haryanik. 2019. “Pengaruh Konflik Peran Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Glory Industrial Semarang).” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, Vol. 10, no. 1, pp. 122-132.

Notanubun, Martha Selfie, Adolfina, dan Woran Djemly. 2019. “Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kejaksaan Negeri Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 7, no. 1, pp. 681-690.

Nurhasanah, Siti, dan Rebin Sumardi. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi Dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan PT. Agranet Multicitra Siberkom.” Jurnal Ilmu Manajamen, Vol. 14, no. 2, pp. 26-42.

Putri, Vira Sani, dan Fetty Poerwita Sary. 2020. “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT Lestari Busana Anggun Mahkota Di Bagian Produksi).”Jurnal Mitra Manajemen, Vol. 4, no. 2, pp. 195-205.

Sholiha, Milatus, Hadi Sunaryo, dan Agus Priyono. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spritual Terhadap Kinerja Guru Smp An-Nu Bululawang Malang.” Jurnal Warta Ekonomi, Vol. 7, no. 17, pp. 78-92.

Steven, Hartono Jessie, dan Arif Partono Prasetio. 2020. “Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasaan Kerja terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Penelitian Ipteks, Vol. 5, no. 1, pp. 78-88.

Susilo, Yohanes Herman, dan Wahyudin. 2020. “Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Ekonomi, Vol. 1, no. 1, pp. 45-58.

Wartono, Tri. 2017. ”Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Majalah Mother and Baby).” Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Vol. 4, no. 2, pp. 41-55.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2022). The Influence of Asset Structure and Capital Structure on Firm Value with Asset Productivity and Operating Activities as Mediating Variables. International Journal Papier Public Review, 3(1), 40-53.

Wirawan, Putu Agus Erick Sastra. 2017. ”Pangaruh Kecrdasan Emosional Terhadap Kepuasan Dan Kinerja Karyawan PT.Jasa Raharja.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 3, no. 1, pp. 12-26.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles