Analisis Pengaruh Motivasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Mura Kopa di Balai Karangan

Authors

  • Mariana Friska Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motivasi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat CU Mura Kopa di Balai Karangan. Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Jenuh. Jumlah sampel sebanyak enam puluh empat responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Hasil analisis uji F didapatkan nilai Fhitung sebesar 243,089 dengan probabilitas 0,000, karena probabilitas 0,000 < 0,05 maka pada penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan pelatihan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat CU Mura Kopa di Balai Karangan. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa motivasi dan pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat CU Mura Kopa di Balai Karangan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa motivasi dan pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat CU Mura Kopa di Balai Karangan. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini adalah meningkatkan kinerja karyawan dengan cara memotivasi karyawan serta memberikan program pelatihan kepada karyawan agar dapat bekerja.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Tuhumena, Fernanda., Christoffer Kojo dan Frederik Worang. 2017. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado. Jurnal EMBA, Vol.5, No.2, Pp. 2131-2132.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles