Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Andika Purwanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Populasi sebanyak 46 Perusahaan Subsektor Transportasi di BEI. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling. Adapun kriteria sampel yang telah ditentukan yaitu perusahaan telah melakukan IPO sebelum tahun 2014, perusahaan tidak mengalami delisting selama masa penelitian, periode laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember, serta perusahaan tidak mengalami suspensi selama masa penelitian, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan. Analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 25 dengan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji statistik F dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian koefisien determinasi, variabel profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan struktur modal memberikan penjelasan pada nilai perusahaan sebesar lima belas persen dan sisanya sebesar 85 persen ditentukan oleh faktor lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya dapat memasukkan faktor lain seperti EPS, ukuran perusahaan, atau faktor lainnya yang tidak dimuat dalam penelitian ini.

References

Chaidir. 2015. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Subsektor Trasnportasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014”. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, Vol. 1, No. 2, hal. 1-21.

Dewi, Ayu S. M. dan Ary W. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan”. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 4, No. 2, hal 358-372.

Dhani, Isabella Permata dan A.A. Gde Satia Utama. 2017. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, Vol. 2, No. 1, hal. 135-148.

Hamidy, Rahman Rusdi, I Gusti Bagus Wiksuna, dan Luh Gede Sri Artini. 2015. “Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4, No. 10, hal. 665-682.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Hermuningsih, Sri. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 16, No. 2, hal. 232-242.

Kontesa, M. and Lako, A. (2020). Board Capital Effect on Firm Performance: Evidence from Indonesia. International Journal of Business and Society, 21(1), 491-506.

Kontesa, M., Brahmana, R.K. dan Memarista, G. (2020). Does Market Competition Motivate Corporate Social Responsibility? Insight from Malaysia Jurnal Ekonomi Malaysia, 54(1), 167-179.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Satrio, A.B. (2021). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles