Analisis Pengaruh Promotion Mix, Daya Tarik Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Keling Kumang TP Simpang Empat Kayu Lapis Kab. Sekadau

Authors

  • Fransiska Ricke Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotion mix, daya tarik produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung Pada Credit Union Tp Simpang Empat Kayu Lapis Kab. Sekadau. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota ke Credit Union Keling Kumang Tp Simpang Empat Kayu Lapis Kab. Sekadau. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promotion mix, daya tarik produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap keputusan menabung. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik promotion mix, daya tarik produk dan kualitas pelayanan yang dibangun oleh restoran maka akan meningkatkan keputusan menabung pada setiap anggota.

References

Agustina M. Kaeng 2014. Bauran Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Di PT. Hasjrat Abadi. Jurnal EMBA. Vol 2, No. 3 September 2014. ISSN: 23031174. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5775/5308.

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Sarwita, H. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka). MAKSI, 4(1).

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles