Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kepercayaan Anggota dan Produk Kompetitif terhadap Keputusan Menjadi Anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak

Authors

  • Maria Floresti Vivi Agusti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, kepercayaan anggota dan produk kompetitif terhadap keputusan menjadi anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, kepercayaan anggota dan produk kompetitif secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa daya tarik promosi, kepercayaan anggota dan produk kompetitif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota.

References

Ansyari, Muhammad Reza. 2016. “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pegawai Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.” eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, volume 4, no. 2, Juni, hal 605-619.

Daud, Denny. 2013. “Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan pada PT Bess Finance Manado.” Jurnal EMBA, volume 1, no. 4, Desember, hal 51-49.

Hartono. (2021). Developing Country Stock Market Immunity during Covid-19 Pandemic. Technium Social Sciences Journal, 18(1), 222-229.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kontesa, M., Nichol, E.O., Bong, J.S. dan Brahmana, R.K. (2020). Board Capital and Bank Efficiency: Insight from Vietnam. Business: Theory and Practice, 21(2), 483-493.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles