Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Menginap Kembali pada Hotel Kapuas Palace Pontianak

Authors

  • Velicia Ventia Ruslie Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh daya tarik promosi, kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan menginap kembali di hotel Kapuas Palace Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menginap di hotel Kapuas Palace Pontianak. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa daya tarik promosi, kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap kembali. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan perlu mencari tema baru untuk menarik konsumen agar dapat mengunjungi hotel kembali sehingga konsumen tidak merasa bosan atau menganggap bahwa promosi yang ditawarkan selalu sama atau tidak bervariatif dan pihak hotel harus tetap konsisten dan menjaga kepercayaan konsumen sehingga mereka terus merasa puas dan ingin menginap kembali di hotel Kapuas Palace Pontianak.

References

Apriliani, R. A. E. 2019. “Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Halaman 112-121.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Ishak, Asmai dan Luthfi Zhafitri. 2011. “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs”, Journal Siasat Bisnis, Volume 15, Nomor 1, Halaman 55-66.

Kontesa, M., Brahmana, R.K. dan Tong, A.H.H. (2021). Narcissistic CEOs and Their Earnings Management. Journal of Management and Governance, 25(1), 223-249.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2022). The Influence of Asset Structure and Capital Structure on Firm Value with Asset Productivity and Operating Activities as Mediating Variables. International Journal Papier Public Review, 3(1), 40-53.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles