Analisis Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso di Pontianak

Authors

  • Nataliayanti Nataliayanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi karyawan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Purposive Sampel. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh lima (35) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi karyawan dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso di Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa kompetensi karyawan dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa kompetensi karyawan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso di Pontianak. Saran dari peneliti sebaiknya pihak Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso lebih meningkatkan kinerja karyawan dengan cara mempertahankan dan mengembangkan kompetensi yang ada pada karyawan dengan memberikan dorongan dan pengarahan agar karyawan semakin bersemangat dalam bekerja dan mau terus belajar guna menambah ilmu pengetahuan mengenai bidang pekerjaannya, sehingga tujuan dan target perusahaan dapat tercapai dengan baik.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Hartono, Brian. "Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Paparon’s Pizza City of Tomorrow". Agora, 2013, 1.1: 492-499.

Nurandini, Arina. “Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Pegawai Perum PERUMNAS Jakarta” Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 11 Juni 78-91, 2014.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Knowledge Management System and Knowledge Sharing on Employee Performance and Loyalty. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics, 5(1), 371-389.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Satrio, A.B. (2021). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Sutanto, Eddy M. dan Ratna, Athalia. “Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Berdasarkan Karakteristik individual. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2015, 9.1: 56-70.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles