Analisis Pengaruh Kebijakan Promosi dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Semarong di Kecamatan Tayan Hilir

Authors

  • Friska Ema Astuti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Dalam melakukan keputusan menabung, kebijakan promosi dan kinerja layanan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan menabung. Pembelian suatu produk merupakan suatu proses dari seluruh tahapan dalam proses pembelian konsumen. Keputusan konsumen ditentukan berdasarkan persepsi konsumen tentang produk tersebut. Perusahaan yang baik akan melakukan riset atas proses keputusan pembelian produk mereka, yaitu untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen atas produk perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini, bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah anggota pada CU Semarong di Tayan Hilir pada tahun 2019 yang berjumlah 1.380 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, dimana untuk mencari pengaruh antara kebijakan promosi dan kinerja layanan terhadap keputusan menabung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil beberapa kesimpulan, yakni: Berdasarkan analisis yang telah diuraikan di atas, adanya hubungan yang signifikan antara variabel kebijakan promosi (X1) terhadap keputusan menabung (Y). Hal ini berarti indikator dari kebijakan promosi yaitu atribut, berita atau informasi, popularitas dan keunikan konsep dianggap mampu untuk meningkatkan keputusan menabung. Hal ini ditujukan dengan meningkatnya anggota setiap tahunnya dan berdasarkan analisis yang telah diuraikan di atas, adanya hubungan yang signifikan antara variabel kinerja layanan (X2) terhadap keputusan menabung (Y). Hal ini berarti indikator dari kinerja pelayanan yaitu kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountabillty) dianggap mampu untuk meningkatkan keputusan menabung. Hal ini ditujukan dengan meningkatnya anggota setiap tahunnya dan berdasarkan analisis yang telah diuraikan, terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kebijakan promosi (X1) dan kinerja layanan (X2) terhadap keputusan menabung (Y).

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Magdalena Maria dan Nersi Ulan Sari. 2019. Pengaruh Citra Mereka, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Mobil Honda Brio di Kota Padang. Jurnal Pundi, Vol.03.

Ratih, Ida Aju Brahmana. 2006. Pengaruh Kinerja Produk, Pelayanan dan Sumberdaya Manusia Terhadap Niat Pembelian Ulang Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan PT Asuransi Jiwarasa. Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. ISSN 1411-0393.

Venia Natalia. 2016. Dampak Kinerja Pelayanan Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Pada PT Aneka Makmur Sejahtera di Pontianak. Bisma, Vol 1 No 2.

Wenas Rudy Steven, Rumengan, Novita Aveline dan Hendra Novi Tawas. 2015. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA), Vol. 3. No.2. Hal. 684-694. Universtitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles