Analisis Pengaruh Brand Trust dan Word of Mouth terhadap Keputusan Menabung pada CU Tri Tapang Kasih di Sejiram Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu

Authors

  • Marsella Warnira Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Trust dan word of mouth terhadap Keputusan Menabung pada CU Tri Tapang Kasih di Sejiram. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota CU Tri Tapang Kasih di Sejiram serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 2.2. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Brand Trust dan Word of Mouth yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menabung pada CU Tri Tapang Kasih di Sejiram. Saran yang diberikan penulis kepeda CU Tri Tapang Kasih di Sejiram ini harus mempertahankan dan lebih meningkatkan kepercayaan yang baik dibenak anggota.

References

Azaria, Phamendyta Aldaning, Srikandi Kumadji, Fransisca Yaningwati. 2014. “Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Efektivitas Iklan dalam Peningkatan Brand Awareness.” Jurnal Administrasi Bisnis Vol 13, no 1.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Ong, Ian Antonius, Sugiono Sugiharto. 2013. “Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 1, no 2.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Permadi, Prima Conny, Srikandi Kumadji, Andriani Kusumawati. 2014) “Pengaruh Citra Merek Terhadap Word of Mouth Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis Vol 10, no 1.pp.6.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles