Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Kapabilitas Pemasaran untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak

Authors

  • Ferdinandus Nagro Manurung Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Kapabilitas Pemasaran untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Orientasi Pasar tidak berpengaruh signifikan, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh singnifikan dan Kapabilitas Pemasaran tidak berpengaruh signifikan yang diuji menggunkan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t terhadap Kinerja Pemasaran. Saran yang diberikan penulis adalah kemampuan mempertahankan dan lebih meningkatkan kesadaran yang lebih besar terhadap Orientasi Pasar Orientasi Kewirausahaan dan Kapabiltas Pemasaran untuk meningkatkan skala prioritas yang tinggi dalam menjalankan bisnis sehingga dapat memperkuat semua lini usaha yang dijalankan dan terus bertujuan untuk mencapai Kinerja Pemasaran yang optimal.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Bird, Andy dan Mhairi Mcewan, 2012. The Growth Drivers, The Devinitife Guide to Transforming Marketing Capabilities. United Kingdom: Badan Penerbit Wiley.

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Hartono. (2021). Developing Country Stock Market Immunity during Covid-19 Pandemic. Technium Social Sciences Journal, 18(1), 222-229.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles