Analisis Pengaruh Citra Lembaga dan Faktor Lokasi terhadap Minat Menabung pada CU Gemalaq Kemisiq di Desa Tanggerang Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang

Authors

  • Riko Tampati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra lembaga dan faktor lokasi terhadap minat menabung pada CU Gemalaq Kemisiq di Desa Tanggerang Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang berusia >17 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diproses dengan bantuan SPSS 22.00 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien determinasi (R2), analisis linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji F dan uji T. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukan bahwa citra lembaga dan faktor lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 20-23.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Putu, Dewa Ayu, dan Ida Ayu Putu. 2015. "Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening pada PT BPR Jaya Kerti Mengwi Bandung” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 1, No. 1, April, hal. 56-68.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles