Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel My Home Pontianak

Authors

  • Valena Fitriyani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada Hotel My Home Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh lima (35) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan komitmen organisasional secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan Hotel My Home Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa lingkungan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel My Home Pontianak. Saran dari peneliti untuk Pihak Hotel My Home Pontianak lebih meningkatkan kinerja karyawan untuk bekerja lebih baik serta memberikan lingkungan yang bersih dan memberi motivasi serta memberikan reward atas prestasi yang dicapai sehingga karyawan dapat bekerja dengan optimal sesuai dengan tujuan perusahaan.

References

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Gardjito, A. H. 2014. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.13, No.1 Agustus, 4-5.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

P. O. A. 2014. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.7, No.2, Januari, 1.

Rahmawanti, N. P. 2014. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Ilmu Administrasi Bisnis, Vol.2, No.2, Maret, 2.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2023-09-15

Issue

Section

Articles