Daya Tarik Produk, Nilai Pelanggan, dan Kinerja Layanan Berpengaruh terhadap Minat Membeli Ulang pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak

Authors

  • Firminus Joko Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk, nilai pelanggan, dan kinerja layanan terhadap minat membeli ulang pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung restoran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling incidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk, nilai pelanggan, dan kinerja layanan memiliki pengaruh terhadap minat membeli ulang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik daya tarik produk, nilai pelanggan, dan kinerja layanan yang dibangun oleh restoran maka akan meningkatkan minat membeli ulang setiap tamu yang berkunjung.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Nugroho, Adi Wahyu, and Budi Sudaryanto. 2013. "Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman barang." Diponegoro Journal of Management, 1-9.

Oceani, Oceani, and Sutopo. 2017. "Analisis Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Tupperware di Magelang." Diponegoro Journal of Management 6.1: 216-228.

Ramadhan, Afif Ghaffar, and Suryono Budi Santosa. 2017. "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening." Diponegoro Journal of Management 6.1: 59-70.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Downloads

Published

2023-09-15

Issue

Section

Articles