Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kapuas Palace Pontianak

Authors

  • Chatrine Chatrine Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga Kompetitif, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kapuas Palace Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accedential probability dengan jumlah responden 50. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa harga kompetitif, kualitas pelayanan, dan lokasi secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menginap. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa harga kompetitif dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Sedangkan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap.

References

Baunsele, Fransiska Marlen dan Juita Bessie. 2018. “Pengaruh Promosi Fasilitas, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Menginap.” Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.10, No.2 (Juli), Hal. 96-109.

Budi, Agung Permana. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Fure, Hendra. 2013. “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca.” Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 (September), Hal. 273-283.

Hartono. (2021). Developing Country Stock Market Immunity during Covid-19 Pandemic. Technium Social Sciences Journal, 18(1), 222-229.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kontesa, M., Brahmana, R.K. dan Tong, A.H.H. (2021). Narcissistic CEOs and Their Earnings Management. Journal of Management and Governance, 25(1), 223-249.

Riani, Adji dan Chamidah. 2019. “Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol.3, No.1 (April), Hal. 33-39.

Satrio, A.B. (2021). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles