Analisis Komitmen Organisasi, Keadilan dan Pengembangan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Christoforus Yosi Sebastianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh komitmen organisasi, keadilan dan pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Insidental. Jumlah sampel sebanyak delapan puluh (80) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi, keadilan dan pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan Hotel Merpati di Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa komitmen organisasi, keadilan dan pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa komitmen organisasi, keadilan dan pengembangan karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Hotel Merpati di Pontianak adalah Sebaiknya pihak Hotel Merpati lebih meningkatkan kinerja karyawan dengan cara memberikan pengembangan kepada setiap karyawan agar dapat meningkatkan kemampuan dan skill setiap karyawan, dan juga membuka peluang bagi karyawan untuk meraih jenjang yang lebih tinggi, pihak Hotel Merpati juga harus memberikan sikap keadilan kepada semua karyawan agar tidak terjadinya konflik antar karyawan. 

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Fatimah. 2011.The Relantionship between Organizational justice, Organizational Citizenship Behavior and Job Satisfaction.115-121

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Handoko T, Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM..

Jex, Steve M. & Britt, Thomas W. 2008. “Organizational Pshychology”: A Scientist-Practitioner Approach, Second Ed. New Jersey: John Wiley & Sons.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Rivai. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press,.

Safitri Muflikhati. 2015.“Pengaruh Komitmen Organisasional, Keadilan dan Pengembangan karyawan”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 2, hal.18

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles