Pengaruh Kinerja Pelayanan, Daya Tarik Promosi dan Citra Merek terhadap Minat Menginap Kembali pada Hotel Aroma Inn Pontianak

Authors

  • Ciliwati Ading Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kinerja pelayanan, daya tarik promosi dan citra merek terhadap minat menginap pada Hotel Aroma Inn  Pontianak. Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengisina kuesioner oleh para responden dengan menggunakan alat Skala Rating. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik penentuan sampel yaitu Sampel purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa software SPSS versi 22 (Statistical Product and service solutions, 22). Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menyatakan bahwa instrument yang diuji valid dan reliabel. Hasil pengujian F menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan yang signifikan. Hasil analisis dari uji T menunjukkan bahwa kinerja pelayanan, daya tarik promosi dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat menginap. Dapat ditarik kesimpulan pula bahwa kinerja pelayanan, daya tarik promosi dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat menginap pada Hotel Aroma Inn Pontianak.

References

Chan, Syafruddin. 2018. “Factors Affecting Revisit Intention With Customer Satisfiction As a Mediating Variable In Eco Friendly Resorts”. Jurnal Manajemen dan Inovasi, vol 9 (1).

Cronin, J.J dan Taylor, S.A. 1992. “Measuring Service Quality: A Reexamination and Extention.” Journal of Marketing, (July). Pp.55-68.

Dharmayanti, Diah. 2006. “Analisis Dampak Service Perfomance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada NasabahTabungan Bank Mandiri Cabang Surabaya).” Jurnal Manajemen Pemasaran,vol.1, no.1 (April).

Erik Sudarso dan Asmawati, Liza. 2019. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Akses Lokasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali Pada HotelHongkong Inn Singkawang”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 4, no. 1, (April).

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Nagara, Patria, Dedi Mardianto, dan Yelda Desmita. 2019. “Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Kecenderungan Pembelian Kembali (Repurchase) (Studi Kasus di Rumah Makan Lamun Ombak Padang.” Jurnal Enskopedia, vol.1, no.3 (Oktober).

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles