Analisis Pengaruh Kompetensi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada CV Kita Bersaudara di Kabupaten Sanggau

Authors

  • Neliana Sonita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan pada CV Kita Bersaudara di Kabupaten Sanggau, untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV Kita Bersaudara di Kabupaten Sanggau, untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada CV Kita Bersaudara di Kabupaten Sanggau, untuk mengetahui pengaruh kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada CV Kita Bersaudara di Kabupaten Sanggau. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 responden CV Kita Bersaudara di Kabupaten Sanggau. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam peneltian ini adalah sampling jenuh. Hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan memberikan bobot penilaian berdasarkan skala likert. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner diolah dengan menggunakan program SPSS 22. Pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik dan dilanjutkan dengan uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

References

Ataunur, Ilman dan Eny Ariyanto. 2015. “Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pt Adaro Energy Tbk.” Telaah Bisnis, vol. 16, no.2, Pp. 135-150.

Baba, Ali. 2014. “Pengaruh Kompetensi, Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Semen Bosowa Maros.” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, vol. 18, no.4, Pp. 524–540.

Dewi, Andi Ratna Sari dan Hasniaty. 2017. “Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju).” JBMI, vol.14, no.2, Pp. 92-102.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Muamar. 2017. “Pengaruh Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah.”Jurnal Katalogis, vol.5, no.7, Pp. 9-16.

Pandaleke, Deddy. 2016. “Pengaruh Kompetensi, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara).” Jurnal EMBA, vol.4, no.2, Pp. 199-210.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles