Analisis Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Credit Union Stella Maris Kantor Pusat di Pontianak

Authors

  • Lusiana Lusiana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdsan Emosional dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan pada Credit Union Stella Maris Kantor Pusat di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Credit Union Stella Maris Kantor Pusat di Pontianak. Teknik pengambilan data sampel sampling jenuh dan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 35 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasional yang di uji menggunakan uji linearitas, uji linear berganda , uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel Kinerja Karyawan.

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori dan Praktik, edisi ke-1. Depok: Rajawali.

Kaswan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis; Konsep, Sejarah, Model,Strategi, dan Kontribusi SDM, edisi ke-1: Yogyakarta.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sudaryo, Yoyo, Agus Aribowo, dan Nunung Sofiati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung Dan Lingkungan Kerja Fisik, Edisi ke-1. Yogkarta: Penerbit Andi (Anggota IKAPI).

Suherman, Sumardi., dan Hasan Abdul Rozak. 2019. Pengaruh Kecerdasan dan Pemberdayaan Terhadap Kinerja dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variable Mediasi PT.Suara Merdeka Press Semarang: Semarang.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles