Analisis Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Branch Office Credit Union Keling Kumang di Kecamatan Badau

Authors

  • Ratu Marthalata Lingan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompensasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada Branch Office Credit union Keling Kumang di Kecamatan Badau. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Total. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh lima (35) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi dan komitmen organisasional secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan Branch Office Credit union Keling Kumang di Kecamatan Badau. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa kompensasi dan komitmen organisasional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa kompensasi dan komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Branch Office Credit union Keling Kumang di Kecamatan Badau.

References

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Hasibuan, Malayu S. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi ketiga belas. Bandung: PT Bumi Aksara.

Nathania, Catherine, et al. 2016. "Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PD Motor Bandar Lampung".

Nurandini, Arina. 2014. “Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Pegawai Perum PERUMNAS Jakarta” Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 11 Juni 78-91.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles