Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif, dan Kinerja Layanan Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak

Authors

  • Edo Edo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, harga kompetitif, dan kinerja layanan terhadap keputusan pembelian pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung restoran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling incidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, harga kompetitif, dan kinerja layanan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik daya tarik promosi, harga kompetitif, dan kinerja layanan yang dibangun oleh restoran maka akan meningkatkan keputusan pembelian pada setiap tamu.

References

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Meiliani, Nita, and Augusty Tae Ferdinand. 2016. "Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, dan Persepsi Kualitas terhadap Citra Merek serta Dampaknya terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi pada Calon Konsumen Honda Beat Pop di Dealer Nusantara Sakti Purwokerto)." Diponegoro Journal of Management, 449-459.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles