Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada PT Hok Tong Cabang Pontianak

Authors

  • Thomas Melvin Chertian Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada PT HOK TONG cabang Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Insidental. Jumlah sampel sebanyak seratus empat puluh dua (142) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 25 (Statistical Program For Social Science, 25). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa model regresi sudah fit dan layak untuk menjelaskan pengaruh hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat dan secara simultan berpengaruh. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja tidak berpengaruh secara parsial sedangkan variabel komitmen organisasional berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada PT HOK TONG cabang Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak PT HOK TONG cabang Pontianak adalah Sebaiknya pihak PT Hok Tong cabang Pontianak memperhatikan semangat kerja para karyawannya dengan harapan agar dapat meningkatkan kinerja para karyawan dan Sebaiknya pihak PT Hok Tong cabang Pontianak dalam usaha meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi hendaknya pimpinan mampu menumbuhkan rasa bangga menjadi bagian dari dalam perusahaan.

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Busro, Muhammad. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Expert.

Ginting, S., Hartijasti, Y. dan Rosnani, T. (2022). Analysis of the Mediation Role of Career Adaptability in the Effect of Retirement Planning for Attitude Formation of Retirement in Credit Union Employees West Kalimantan. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 214-228.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Rivai dan Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles