Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Brand Image, dan Daya Tarik Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kini di Pontianak

Authors

  • Matius Febri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan, brand image, dan daya tarik lokasi terhadap keputusan menginap pada Hotel Kini di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tamu yang menginap. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja layanan, brand image, dan daya tarik lokasi memiliki pengaruh terhadap keputusan menginap. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kinerja pelayanan dan brand image yang dibangun oleh hotel serta lokasi yang strategis maka akan meningkatkan keputusan menginap tamu.

References

Efrianto, Arga. 2016. "Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi dan Layanan terhadap Keputusan Menginap di Hotel The Alana Surabaya." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 5.9.

Hartini, Sri. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya." AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 3.1.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Moha, Sartika, and Sjendry Loindong. 2016. "Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 4.1.

Ong, Ian Antonius. "Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya." Jurnal Strategi Pemasaran 1.2 (2013): 1-11.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles