Analisis Pengaruh Citra Lembaga dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada Credit Union Semandang Jaya Kantor Cabang di Sekadau

Authors

  • Angela Mariana Mira Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Lembaga dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada Credit Union Semandang Jaya Kantor Cabang di Sekadau. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota credit union Semandang Jaya Kantor Cabang di Sekadau. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Solvin dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel citra lembaga dan kinerja layanan yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menjadi anggota.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Joesyiana, Kiki, 2018. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru.” Jurnal Valuta Vol 4, no 1.

Lesmana, Rosa., Yustriani. 2017. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT.Garuda Indonesia TBK (Persero)”. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma. vol 1, No 1 (November) Hal 137.

Ong, Antonius, Ian., Sugiharto, Sugiono. 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran, vol 1, No 2.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Sari, Puspita, Fanny. 2016. “Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol 5, No 6 (Juni), Hal 2

Zimri Remalya Mawara 2013. “Periklanan Dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal EMBA Vol. 1 No. 3 Juni, Hal. 826-835.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles