Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Kualitas Lini Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Minimarket Citra Niaga di Pontianak

Authors

  • Leonardo Dicatrio Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan, kualitas lini produk dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian Minimarket Citra Niaga di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data kualitatif dengan cara wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling insidental dengan 120 responden dimana semua pelanggan Minimarket Citra Niaga di Pontianak layak menjadi responden jika bersedia mengisi kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini akan menggunakan SPSS 23.0 dengan pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil uji t menghasilkan bahwa kinerja layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas lini produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2018. Manajemen Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Rangkuti, Freddy. 2017. Customer Care Excellence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles